Apa yang membuat Marketplace digital bagus dan terus berkembang

Bright sale presentation slide template Free Vector

Marketplace semakin populer di seluruh dunia, dalam hal adopsi dan volume penjualan. Bukan hanya Amazon di AS, tetapi eBay di Australia, BOL di Belanda, Alibaba di China, Lazada di Indonesia dan banyak operator lokal yang mengukir bagian belanja ritel yang semakin signifikan.

Apa itu Marketplace digital?
Toko online umumnya adalah Marketplace digital di mana salah satu pengecer menawarkan produk dan jasanya kepada klien secara online. Marketplace adalah ekosistem yang lebih luas di mana klien dapat menemukan berbagai produk yang berbeda atau bersaing dari sejumlah vendor pihak ketiga, dijual dengan harga berbeda, dengan waktu pengiriman yang berbeda, peringkat pelanggan yang berbeda, dan sebagainya. Marketplace adalah tentang memberi pelanggan lebih banyak pilihan.

Kebanyakan orang mengetahui model Marketplace dari eBay dan Amazon; pada dasarnya ini adalah kerangka kerja di mana setiap perusahaan atau individu dapat menampilkan produk — seperti iklan baris di koran — dan membayar komisi kepada pemilik situs dari setiap penjualan. Ini adalah metode penjualan yang efektif untuk vendor, karena situs memiliki jangkauan yang luas, serta model bisnis yang hebat untuk pencipta Marketplace karena mereka tidak terlibat secara fisik dalam sebagian besar transaksi. Meskipun Anda mungkin tidak dapat meniru Amazon atau eBay dan membangun Marketplace global multiguna, Marketplace yang lebih baru masih bisa berkembang dengan berfokus pada satu lokasi geografis atau ceruk produk. Jadi, Anda dapat membangun Marketplace untuk obat-obatan hewan di Hongaria dan mengundang pihak ketiga untuk menjual di situs Anda dan meraih sukses besar.

Alasan utama bisnis marketplace berkembang pesat adalah karena Anda tidak perlu memiliki inventaris sendiri untuk menjalankannya. Airbnb tidak memiliki kamar hotel, tetapi sudah dianggap sebagai salah satu perusahaan terbesar yang menyediakan akomodasi jangka pendek di dunia. Ini adalah proposisi yang sangat menarik: Anda dapat membangun bisnis besar tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk membeli inventaris awal, dan dengan demikian mengambil banyak risiko.

Namun, Marketplace digital bukan hanya Zalando, Amazon, atau Airbnb berikutnya; bisnis yang sudah mapan beralih dari eCommerce online ke model Marketplace karena memungkinkan mereka membawa pihak ketiga ke saluran penjualan mereka dan menawarkan pengalaman pelanggan yang lebih lengkap. Ini lebih mudah, lebih cepat, lebih murah, dan lebih efektif daripada membangun produk yang disediakan pihak ketiga atau menjadi ahli di bidang mereka. Seperti yang dibahas oleh Best Buy Canada, yang membangun Marketplace mereka dengan Mirakl, mitra Divante.

Bisnis Marketplace